Makna Dari Lima Jari Tangan Manusia

Di posting oleh murodininfo pada 01:44 PM, 03-Apr-12 • Di: Renungan

hand.jpg Telapak tangan adalah gambaran manusia yang memiliki jiwa sosial, telapak yang terdiri dari ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan kelingking. Dari kelima jari tersebut memiliki arti yang masing-masing ibarat seluruh tubuh kita, bahkan tidak akan pernah mendekati sempurna pekerjaan kita jika tidak dibantu oleh jari-jari tangan kita yang kecil namun besar manfaatnya. Maka dari itu, patut kita bersyukur telah diberikan peciptaan yang sempurna oleh Sang Pencipta. Namun jangan sampai kita menggunakannya untuk perbuatan yang dilarang oleh-Nya. Karena tidak sedikit dari sahabat dan saudara kita yang di uji dengan tanpa memiliki tangan dan sebagainya. Begitulah adanya kita sebagai makhluk yang tercipta dengan kesempurnaan yang di ikuti kekurangan.
Kebali pada pokok bahasan yang sesuai dengan judul artikel diatas.

Telah kita ketahui Allah SWT menciptakan jari-jari tangan dengan berjuta manfaat kegunaannya masing-masing.

Berikut ini adalah arti dan simbol dari masing-masing jari tangan yang saya peroleh dari beberapa sumber yang terpercaya.:

1. Ibu Jari, adalah sejenis jari yang memiliki bentuk hampir 90 derajat lengkung pada bagian atas dan sedikit membungkuk ke arah pergelangan tangan (tidak lurus). Sering kali ibu jari di identikkan dengan pemimpin, mengapa? Karena jika keempat jari hadir tanpa ibu jari, maka berantakanlah apapun yang dikerjakan. Begitupun juga jika ibu jari kita acungkan kepada yang lain dan ujungnya menghadap atas, maka bertanda kita puas akan kinerja seseorang. Melainkan sebaliknya jika kita mengarahkannya kebawah, maka tidak lain dan tidak bukan adalah sebuah sindiran ataupun ejekan kepada seseorang karena tidak mampu menunjukan kinerja seseorang tersebut. Ibu jari atau yang sering kita sebut "JEMPOL" sering kali juga kita temukan di salah satu jejaring sosial terbesar di dunia milik milyoner muda asal benua amerika.

2. Jari Telunjuk, jari yang umumnya paling panjang kedua ini juga memiliki simbol seperti halnya dengan ibu jari, yakni identik akan pemerintahan. Letaknya yang berdampingan antara jari tengah dan ibu jari ini menjadikan jari telunjuk seakan hanya patuh terhadap uang dan kekuasaan. Ibarat yang akan saya berikan adalah, jika seorang pemimpin yang berlimpah kekuasaan dan harta, menunjukkan jari telunjuk kepada orang yang dibawahnya, niscaya orang yang di tunjuk itu akan patuh kepadanya. Namun jika seorang yang tidak memiliki kekuasaan dan kurang harta yang berlimpah menunjukkan telunjuknya kepada orang "besar" beda halnya, pasti kita akan menderita minimal mendekam di hotel yang jendelanya terbuat dari besi alias penjara.

3. Jari Tengah, jari yang identik dengan penghinaan yang sedikit kasar. Namun bukan itu yang akan saya artikan. Melainkan, jari tengah ibarat penegak dan aparat hukum yang harus memiliki sifat adil dan netral.

4. Jari Manis, dari nama saja jari ini identik dengan masa muda (Pemuda) dan juga keindahan, terbukti dengan seringnya perhiasan melingkari jari tersebut. Jari yang identik dengan pemuda ini adalah jari yang paling berharga dari jari-jari lainnya. Seperti halnya peran pemuda di negara adalah menjadikan kemajuan pada negaranya. Begitupun jari tengah ini menjadikan keindahan kepada telapak tangan tersebut. Sungguh beruntung jadi jari manis yang sering memiliki emas, berlian serta permata.

5. Kelingking, adalah jari yang imut-imut nan kecil, namun jari ini di ibaratkan sebagai wanita, wanita adalah sosok yang paling berpengaruh dimanapun berada. Contoh kecilnya adalah, jika kita "suit" antara ibu jari dan kelingking maka yang menang adalah kelingking. Sama halnya seorang pemimpin (pengibaratan ibu jari) akan luluh hati dan jiwanya oleh WANITA (pengibaratan kelingking). Berhati-hatilah dengan semua yang diibaratkan oleh kelingking. Karena semuanya adalah godaan dunia.

Setelah mengetahui simbol, makna serta ibarat dari jari-jari tangan, sekarang cobalah anda pandang telapak tangan kanan anda dengan menatap punggung telapaknya maka akan anda lihat sebuah bentuk bagaikan lafadz jalalah (tulisan Allah dalam bahasa arab).

Begitulah beberapa hal yang berkaitan dengan jari tangan yang tidak ada maksud untuk merendahkan atau mensanjung pihak manapun. Dan apabila ada yang tidak berkenan dengan artikel ini, saya mohon ma'af atas ketidak nyamanannya karena kesalahan dan kekhilafan adalah datang dari pribadi saya sendiri. Atas semua apresiasi yang pembaca berikan, saya ucapkan terimakasih.

salam kebersamaan.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

5 tanggapan untuk "Makna Dari Lima Jari Tangan Manusia"

D-Yogz pada 03:30 PM, 03-Apr-12

Jadi gtu ea, thx bt infonya gan! Sungguh bermanfaat..

widhy_ea pada 10:48 PM, 20-May-12

subhanallah .............
Tidak ada yang tidak bermanfaat di dunia,,,,,,,
Tq..

Siti nurhayati pada 05:41 PM, 24-Sep-12

Subhanallah,,
Allah telah menciptakan manusia secara sempurna,
disetiap kelebihan, ada kekurangan smile
thx ya, nice info...

liliksugiastutik pada 10:02 PM, 18-Mar-13

bersyukurlah dengan nikmat Allah, bagustuh infonya

Neng dhian pada 08:01 AM, 17-Jun-14

Thanks info nya kak ^_^

Langgani komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)